Apakah Hukum Membaca Al Qur'an di Hp dan Apakah di Perbolehkan ?

Assalamu'alaikum Wr. Wb. - Selamat datang di SeikokuAnanta.com tempat beragam informasi seputar Android , Lifestyle , Tutorial Editing Foto , Aplikasi , Tips dan Trik serta beragam informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan disini bermanfaat bagi kita semua Amin

Hukum Membaca Al-Qur'an di Hp - Sahabat , membaca al-qu'an merupakan perintah bagi umat islam dalam meng-imani rukun iman yang ke 3. Orang yang senantiasa membaca al-qur'an akan mendapatkan pahala yang besar dan akan selalu mendapatkan perlindungan dari Alla SWT. Al - Qur'an merupakan Kalamullah / Kitab yang diturunkan dari Allah untuk semua umat islam. Seseorang yang membaca al-qur'an akan mendapatkan pahala baik membaca dengan mushaf atau tanpa mushaf , Rasulullah SAW , bersabda tentang pahala yang didapat seseorang yang membaca al - qur'an :

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ: آلم حَرْفٌ. أَلْفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ)رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَالدَّارِمِيُّ)

Artinya : " Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka dia akan mendapatkan pahala berupa satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Dan Saya tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim satu huruf, tapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf (HR. al-Tirmidzi dan al-Darimy). "


Kata membaca dalam mu’jamul wasith disebutkan bahwa maknanya adalah mengikuti kalimat-kalimat dalam kitab yang dibaca dengan melihat dan mengucapkannya. Sehingga membaca ayat dalam al-Quran maksudnya adalah mengucapkan lafadznya dengan cara melihat tulisannya atau dengan hafalan. Jadi membaca al-Quran yang dikategorikan akan mendapat pahala sesuai dengan apa yang disabdakan Rasulullah adalah dengan mengucapkannya yang sekiranya si pembaca bisa mendengar suaranya sendiri, baik itu membaca dengan melihat mushaf atau lewat hp dan lain sebagainya.

Jika hanya mengucapkan dalam hati atau hanya dengan berbisik yang sekiranya dia tidak mendengar suaranya maka tidak bisa dimasukkan dalam kategori membaca. Hanya saja al-Imam al-Ghozali dalam kitab Ihya menyebutkan bahwa di sana ada kautamaan membaca al-Quran dengan melihat mushaf atau dengan hafalan, hal itu karena para shahabat sangat suka untuk membaca al-Quran dengan melihat mushaf secara langsung, ada hadits yang menjelaskan tentang keutamaan orang yang membaca al-Quran secara langsung melalui mushaf, seperti sabda Nabi SAW:

قِرَاءَةُ الرَّجُلِ الْقُرْآنَ فِي غَيْرِ الْمُصْحَفِ أَلْفُ دَرَجَةٍ وَقِرَاءَتُهُ فِي الْمُصحف تضعف عل ذَلِك إِلَى ألفي دَرَجَة )رَوَاهُ الْبَيْهَقِيّ)

Artinya : " Bacaan al-Quran dari seseorang dengan tanpa melihat mushaf adalah seribu derajat, dan bacaan al-Qurannya dengan melihat mushaf akan dilipatgandakan menjadi dua ribu derajat (HR. Baihaqi). "

Namun terlepas dari perbandingan pahala antara orang yang membaca al-Quran dengan melihat mushaf atau tidak, yang jelas seseorang akan mendapatkan pahala ketika membaca al-Quran jika dia melafadzkannya.

Lalu , Apa Hukum Membaca Al - Qur'an di Hp Tanpa Berwudhu dan Bagi Wanita yang Sedang Berhalangan?


Sahabat , kita pasti pernah menggunakan aplikasi Al - Qur'an digital di hp Android maupun Tablet yang kita miliki dan kita pasti sering membacanya meskipun dalam keadaan berhadats. Membaca Al - Qur'an Menggunakan hp memang menjadi pilihan yang sangat praktis kita bisa membaca Al - Qur'an dimana saja dan kapan saja selama aplikasi Al - Qur'an itu terinstall di hp kita.

Lalu apakah kalian memiliki pertanyaan , apa boleh membaca Al - Qur'an di hp tanpa berwudhu dan apa hukumnya ? 

Jika telah memiliki hafalan Qur'an , orang yang berhadats kecil masih boleh membaca Al - Qur'an tanpa menyentuh mushaf.Hal ini seperti yang diriwayatkan dari Ali Radhiyallahu 'Anhu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي الْخَلَاءَ فَيَقْضِي الْحَاجَةَ ثُمَّ يَخْرُجُ فَيَأْكُلُ مَعَنَا الْخُبْزَ وَاللَّحْمَ وَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَلَا يَحْجُبُهُ وَرُبَّمَا قَالَ لَا يَحْجُزُهُ عَنْ الْقُرْآنِ شَيْءٌ إِلَّا الْجَنَابَةُ

“Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam masuk ke kamar kecil lalu menyelesaikan hajatnya. Kemudian beliau keluar dan makan roti dan daging besama kami, beliau juga membaca Al-Qur'an. Tidak ada yang menghalanginya Shallallahu 'Alaihi Wasallam –boleh jadi berkata: tidak menghalanginya- dari membaca Al-Qur'an kecuali junub.” (HR. Ibnu Majah)

Sementara jika membaca quran sambil menyentuh mushaf, para ulama berbeda pendapat. Ada yang membolehkannya, ada juga yang mensyaratkan harus terbebas dari hadats besar dan hadats kecil.

Yakni sesuai dengan ayat al quran: "Sesungguhnya Al Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhmahfuz), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al Qur'an ini?" (QS. Al-Waqi'ah: 77-81)

Selain itu terdapat hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, : "Tidak boleh menyentuh Al-Qur'an kecuali orang yang suci." Hadits ini lemah secara sanad, namun para sahabat Nabi memberikan fatwa demikian sebagai penghormatan terhadap Al-Qur'an dan bukti bahwa Al-Qur'an adalah kalamullah.

Lalu bagaimana jika membaca quran dengan menggunakan tablet atau handphone Android ? Perlukah kita berwudhu sebelumnya?

Sahabat, Hp dan peralatan semisalnya yang di dalamnya direkam Al-Qur’an tidak seperti hukumnya mushaf. Karena huruf Al-Qur’an yang terdapat di peralatan ini berbeda dengan keberadaan huruf di mushaf. 

Maka sifat yang dibacanya tidak ada, yang ada adalah sifat gelombang yang terdiri dari huruf dengan gambarnya ketika diminta, barulah akan terlihat di layar dan akan hilang ketika dipindah ke yang lainnya.

Maka dari itu, pendapat yang paling kuat adalah dibolehkan menyentuh hp atau kaset yang di dalamnya ada rekaman dan dibolehkan membaca quran darinya, meskipun tanpa berswudhu sebelumnya. 

Bagi wanita yang berhalangan, apakah boleh membaca al-Quran di hati lewat hp? Membaca al-Quran bagi wanita haid adalah haram, namun keharaman ini berlaku jika dia melafadzkannya, adapun jika cuma dibaca dalam hati atau menggerakkan lisannya tanpa mengeluarkan suara atau sekedar melihat mushaf saja tanpa membacanya maka tidak berdosa, karena hal yang seperti itu tidak bisa dikategorikan qiroah atau membaca.

Bacaan Al-Qur’an dari hp memudahkan bagi wanita haid, dan bagi orang yang kesulitan membawa mushaf bersamanya. Atau di tempat yang sulit untuk berwudhu karena tidak disyaratkan bersuci dalam menyentuhnya. 

Namun sebaiknya wanita yang haid tidak menyentuh hp yang aplikasi al-Qurannya terbuka, hal ini untuk menghormati al-Quran dan untuk lebih berhati-hati. Bahkan seorang ulama Hadhramaut yang menyarahi kitab al-Yaqut al-Nafis yaitu al-Habib Muhammad bin Ahmad al-Syathiry mengatakan bahwa seseorang yang tidak dalam keadaan suci sebaiknya jangan menyentuh sesuatu yang di dalamnya tersimpan file al-Quran baik berupa CD, disket, flashdisk, dan lain sebagainya.

Wallahu a’lam bisshowab.

Semoga Bermanfaat.

Sumber Referensi :
  • http://www.elhooda.net/2014/09/hukum-membaca-al-quran-digital-di-hanphone/
  • http://www.ummi-online.com/membaca-quran-di-handphone-tanpa-berwudhu-bagaimana-hukumnya.html
Sebelum menutup artikel yang berjudul "Apakah Hukum Membaca Al Qur'an di Hp dan Apakah di Perbolehkan ?" ini silahkan bantu share artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain. dan jika ada yang kurang difahami dari penjelasan diatas bisa bertanya dikolom komentar.
Terimakasih

Bagikan ini :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah Hukum Membaca Al Qur'an di Hp dan Apakah di Perbolehkan ?"

Post a Comment