Cara Pengobatan Penyakit Ablasio Retina




Assalamu'alaikum Wr. Wb. - Selamat datang di SeikokuAnanta.com tempat beragam informasi seputar Android , Lifestyle , Tutorial Editing Foto , Aplikasi , Tips dan Trik serta beragam informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan disini bermanfaat bagi kita semua Amin


Baca Juga



Cara Pengobatan Penyakit Ablasio RetinaMendengar kata Ablasio Retina tentu terdengar asing bagi orang awam. Apa itu Ablasio Retina? Ablasio retina merupakan suatu kondisi lepasnya retina sensoris dari epitel pigmen retina/RIDE. Penyakit serius ini umumnya terjadi pada orang yang setengah baya hingga yang sudah lanjut usia, namun penyakit ini juga bisa terjadi pada berapapun usianya.

Cara Pengobatan Penyakit Ablasio Retina

Penyakit ini berpotensi besar terjadi pada orang yang mengalami miopia / rabun jauh dan orang yang anggota keluarganya memiliki silsilah penyakit ablasio retina. Selainn itu, penyakit ini bisa juga disebabkan oleh beberapa penyakit mata lainnya, seperti perandangan hebat, akibat trauma maupun sebagai komplikasi dari diabetes dan penyakit tumor. 

Penyakit ini harus dilakukan tindakan yang cepat karena beresiko cacat penglihatan dan kebutaan yang permanen. Perlu anda ketahui retina merupakan jaringan tipis dan juga transparan yang peka terhadap cahaya, yang mana terdiri atas sel-sel dan serabut saraf. Jaringan ini melapisi dinding mata bagian dalam, yang mana berfungsi sebagai film pada kamera photo. Dimana cahaya yang melewati lensa akan difokuskan ke retina. Sel-sel retina yang peka terhadap cahaya akan menangkap gambar dan menyalurkan nya ke otak lewat saraf optik.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan retina mata secara rutin terutama bagi orang menderita minus tinggi. Hal ini karena retina adalah jaringan yang sangat tipis yang berada di bagian belakang bola mata dan sangat peka. Oleh sebab itu bahayanya penyakit ini bisa mengakibatkan terputusnya proses penglihatan. Jika tidak ditangani dengan segera atau menyatukan kembali retina akan menyebabkan kebutaan selamanya.

Cara Pengobatan Penyakit Ablasio Retina


  • Penyebab Penyakit Ablasio Retina


Untuk mencegah penyakit ini terjadi, anda perlu mengetahui apa saja penyebab penyakit ablasio retina. Silahkan lihat di bawah ini:

-Terdapat daerah retina yang tipis/lemah yang tampak oleh dokter mata.
-Menyusutnya korpus vitreum (bahan jernih yang mirip agar-agar yang mengisi area tengah bola mata).
-Terjadinya proses penuaan.
- Mengalami trauma.
-Mengalami diabetes berat.
-Mengalami penyakit peradangan.
-Retinopati dikarenakan prematuritas (pada bayi premature),
-Mengalami miopia (rabun jauh).
-Memiliki riwayat ablasio retina dalam keluarga.
-Pernah melakukan operasi mata.

  • Gejala - Gejala Penyakit Ablasio Retina



Berikutnya saya akan memberikan list gejala-gejala yang akan dialami atau ditimbulkan akibat dari penyakit ablasio retina. Silahkan lihat di bawah ini beberapa gejala yang akan dialami penderita penyakit ablasio retina. 

- Terdapat kilatan-kilatan pada mata.
-Pengelihatan tampak samar seperti terhalang tirai dan bergelombang.
-Seperti ada bintik-bintik hitam yang mengapung
-Melihat seperti ada lapisan hitam yang menutupi sebagian atau seluruh pandangan.
-Hilangnya fungsi penglihatan “awalnya terjadi pada salah satu bagian dari lapang pandang, tetapi kemudian menyebar seiring dengan perkembangan ablasio”
- Mengalami gangguan penglihatan dan membuat penglihatan menjadi kabur.
-Floater

Adapun untuk mengetahui kerusakan retina, ada beberapa tahapan diagnosa yang dilakukan, seperti di bawah ini:

1. Gangguan pengenalan warna,
2. Ketajaman penglihatan, 
3. Respon refleks pupil, 
4.  Angiografi fluoresensi, 
5. Pemeriksaan slit lamp, 
6. Oftalmoskopi direk dan indirek,
7.Tes refraksi. 
8. USG mata, 
9. tekanan intraokuler,
10. Elektroretinogram.

Bagi penderita penyakit ablasio retina bisa melakukan beberapa tindakan untuk mengobati penyakit ini. Berikut pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati ablasio retina:

1. Penempelan kembali retina lewat pembedahan diantanranya pembuatan lekukan pada sclera "bagian putih retina" yang brfungsi mengurangi tekanan pada retina akibatnya retina kembali menempel. 
2. Kriopeksi "pemberian dingin dengan jarum es" akan terbentuk jaringan parut yang melekatkan retina pada jaringan yang berada di bawahnya, cara ini dipakai bersamaan dengan penyuntikan gelembung udara dan kepala dipertahankan pada posisi tertentu supaya mencegah penimbunan kembali cairan di belakang retina. 
3. Pembedahan laser dipakai untuk menutup lubang atau robekan pada retina yang umumnya dijumpai sebelum terjadinya ablasio.

Demikian penjelasan tentang penyakit mata ablasio retina yang bisa saya hadirkan untuk pembaca semua. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda.
Cara Pengobatan Penyakit Ablasio Retina


Sebelum menutup artikel yang berjudul "Cara Pengobatan Penyakit Ablasio Retina" ini silahkan bantu share artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain. dan jika ada yang kurang difahami dari penjelasan diatas bisa bertanya dikolom komentar.
Terimakasih


Bagikan ini :


No comments: