Berbagai Macam Jenis Tanaman Obat Serta Khasiatnya

Assalamu'alaikum Wr. Wb. - Selamat datang di SeikokuAnanta.com tempat beragam informasi seputar Android , Lifestyle , Tutorial Editing Foto , Aplikasi , Tips dan Trik serta beragam informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan disini bermanfaat bagi kita semua Amin

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai jenis tanaman- tanaman obat. Tanaman obat adalah jenis tumbuhan yang diketahui memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat dan berkhasiat untuk mencegah dari berbagai penyakit. Tanaman obat ini sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu kala. Dahulu saat ada orang sakit, mereka hanya menggunakan tanaman obat untuk menyembuhkan penyakit mereka. Dan hal ini  sudah terbukti bahwa umur orang pada zaman dahulu jauh lebih panjang dari umur orang di jaman sekarang ini. Karena orang jaman dahulu tidak mengkonsumsi bahan – bahan kimia yang terkandung dalam obat – obatan kimia. Itulah mengapa tanaman obat lebih sehat dari pada obat – obatan kimia.

Adapun beberapa jenis tanaman obat adalah sebagai berikut:

1. Daun Dewa



Daun dewa memiliki kandungan senyawa saponin, flavonoid dan minyak atsiri. Daun dewa memiliki khasiat untuk mengobati muntah darah dan payudara bengkak. Daun dewa ini juga bisa digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, menurunkan tekanan darah tinggi, menghentikan pendarahan, pereda rasa nyeri (analgesik), penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai obat pembersih racun dalam tubuh. Caranya adalah dengan menyajikanjikan secara langsung atau dalam bentuk ekstraknya. 

2. Daun Jambu Biji



Sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman ini, tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman obat yang berkhasiat untuk menaikkan trombosit pada penderita demam berdarah. Daun jambu biji juga bisa bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit diare. Caranya adalah dengan meremas-remas beberapa lembar daun jambu biji dan diambil airnya.

3. Daun Kelor



Banyak orang mengenal tanaman ini sebagai peluntur susuk, namun selain itu itu tanaman ini juga mempunyai manfaat lain, yaitu sebagia obat penurun panas dan demam, tanaman ini juga bagus untuk menjaga metabolisme tubuh. Baca Inilah Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Yang Jarang di Ketahui

4. Daun Bayam Berduri



Bayam berduri adalah tanaman yang pada bagian pangkal tangkai daunnya terdapat duri. Selebihnya, bayam duri mempunyai warna dan bentuk yang tidak jauh berbeda dengan bayam biasa, termasuk manfaatnya. Bayam duri dikenal baik oleh masyarakat sebagai tanaman obat traidisonal untuk mengobati berbagai penyakit karena daun bayam mengandung senyawa saponin, sapogenin, kalotoksin, kalaktin, flavonoida, polifenol, tanin dan kalsium oksalat.

5. Daun Miana



Tanaman Miana tumbuh sumbur di daerah dataran tinggi dengan ketingian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Tanaman Miana hidup liar dan juga bisa ditemui di dataran rendah di sekitar sungai, pematang sawah, ladang dan kebun-kebun. Sebagian masyarakat memelihara tanaman miana ini sebagai tanaman hias karena warna daunnya cukup indah. Bentuk daunnya seperti bulat telur dengan ujung daunnya yang runcing dan pangkalnya membulat. Permukaan daunnya berambut, warnanya hijau keunguan dan ditepian daunnya bergerigi. Daun Miana memiliki khasiat untuk mengobati penyakit wasir. 

6. Daun Salam



Daun salam merupakan tanaman rempah yang dipakai untuk bumbu penyedap masakan. Daun salam juga bisa dijadikan tanaman herbal untuk mengobati berbagai ragam penyakit.
Daun salam bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2. Perubahan turunnya kadar gula darah dalam tubuh akan terlihat apabila mengkonsumsi daun salam bubuk minimal selama satu bulan.

7. Daun Sirih 




Sirih merupakan tumbuhan perambat yang hidup bersender pada batang tanaman lain. Tanaman sirih panjangnya bisa mencapai puluhan meter. Daunnya licin, berwarna hijau, dan berbentuk menyerupai jantung. Batangnya berwarna hijau agak kecoklatan dengan permukaan kulit yang kasar dan berkerut-kerut. Daun sirih biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional dan masih sering dipake nginang oleh ibu-ibu generasi tua. Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengurangi produk ASI yang berlebihan, keputihan, sakit jantung, sifilis, alergi, diare, batuk, sakit gigi berlubang, dan sakit mata.

Itu hanya sedikit penjelasan mengenai beberapa tanaman obat, moga bermanfaat,,

Sebelum menutup artikel yang berjudul "Berbagai Macam Jenis Tanaman Obat Serta Khasiatnya" ini silahkan bantu share artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain. dan jika ada yang kurang difahami dari penjelasan diatas bisa bertanya dikolom komentar.
Terimakasih

Bagikan ini :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berbagai Macam Jenis Tanaman Obat Serta Khasiatnya"

Post a Comment